Minggu, Juni 07, 2009

Things-if-You-Wanna-be-A-Superhero

Superhero, hmmm... what do you think? Badan atletis? super power? Enggak cuma itu aja yang dibutuhin biar bisa dianggap jadi pahlawan super, sehabis nulis "21 rules of sinetron", saya coba - coba jalanin survei lainnya lagi. Dan survei iseng yang saya lakukan kali ini berhasil menemukan beberapa "ciri khas" dari role play superhero selama ini, beberapa di antaranya adalah :

1. Super power
Salah satu syarat yang dimiliki tapi enggak harus dimiliki seseorang buat disebut sebagai superhero. Bisa ngeluarin laser dari mata, bisa ngeluarin jaring dari pergelangan tangan, ato malah bisa ngeluarin martabak dari lobang idung? Walaupun banyak yang bilang ini adalah harga mati buat para superhero, bagi saya enggak juga. Kita liat aja trio Batman-Robin-Batgirl, John Constantine, Green Arrow dari Justice League, Tony Stark a.k.a Iron Man, dan juga Frank Castle yang lebih dikenal dengan nama Punisher. Jadi superpower enggak terlalu penting kan? (^ ^)

2. Unique looking
Hal ini saya pikir aneh banget. Kalo mereka emang ikhlas mau ngebantuin orang, kan enggak usah pake kostum aneh - aneh. Kostum ini sangat - sangat menarik perhatian & jadi trade mark tersendiri buat para superhero. Contohnya hampir semua tokoh superhero keluaran DC Comics pake celana dalem di luar, Spiderman yang nempelin jala nelayan di kostumnya, Johnny Blaze a.k.a Ghost Rider yang mirip setan-jerangkong-bakar-mentega-lada-hitam-berjaket-kulit-naik-motor-aneh, sampe Si Buta dari Gua Hantu yang ngebawa monyetnya ke mana - mana. Nyentrik banget...

3. Dark path of the past
Beberapa superhero melalui jalan kelam ato jadi jahat dulu baru jadi orang baek - baek. Hellboy, Kamen Rider versi Showa ( era Kamen Rider Ichigo - Black RX ), sama Spawn misalnya, awalnya ditakdirkan jadi penghancur dunia. Ato Kenshin Himura si Batosai, bukankah dia tadinya seorang samurai yang haus darah? (T T)

4. Masa lalu memang menyakitkan
Enggak ada superhero yang punya mental tempe ato kayak ayam sayur. Masa lalu yang menyedihkan membuat mereka bisa peka sama orang - orang yang menderita. Hellboy harus rela terbuang dari dunia luar & ikhlas nerima kenyataan bahwa yang ngebawa dia ke Bumi enggak lain dan enggak bukan Grigory Rasputin. Bruce Wayne harus ngeliat orangtuanya mati dengan mata kepalanya sendiri. TMNT ( kura - kura ninja ) rela hidup di got. Dan masih buuuaaanyaaak lagi kisah - kisah superhero lain yang enggak kalah satir & menyedihkan... (T T)

5. If-you-wanna-have-the-power-then-you-have-to-lose-something-precious
Teori pertukaran di dunia superhero udah jadi main rule buat para superhero. Matt Murdock harus kehilangan penglihatan biar bisa dapet kemampuan sebagai Daredevil, Frank Castle harus kehilangan semua anggota keluarganya dan bertransformasi jadi Punisher, Hulk yang kehilangan sisi kemanusiaannya, Superman sama Silver Surfer yang kehilangan planet asalnya, dan masih banyaaak lagi yang lainnya...

6. Pinter
Enggak ada superhero yang cemen & idiot kayak Nobita. Tony Stark lulusan M.I.T., Peter Parker 100% kutu buku, Clark Kent jadi wartawan, Frank Castle alias Punisher bekas agen rahasia, Bruce Banner a.k.a. Hulk, Hank McCoy alias Beast di X-Men, sama anggota Fantastic 4 semuanya ilmuwan. Dan enggak ketinggalan... PROFESSOR X, namanya aja professor, kurang pinter apalagi coba? Kalo bego, jangan berharap bisa jadi superhero. Nah Lo!

7. Tahan banting
cukup jelas.

8. Setia setiap saat
Maaf kalo kedengeran kayak iklan deodoran. Setiap saat dibutuhin mereka pasti bisa dateng. Mau lagi kondangan, kebelet, pacaran, sarapan, mau apaaa ajaaa, pasti selalu ada waktu buat nyelamatin orang. Sungguh mulia bin aneh...
9. Dimulai dengan jambret
Biasanya debut karier mereka adalah nolong orang yang lagi dijambret ato dipalak.

10. Amnesia
Lupa masa lalu? Lupa siapa nama asli Loe? Lupa utang enggak dibayar? Wolverine, Hancock, dan Kamen Rider Agito & Decade bisa jadi contohnya.

11. Yatim piatu
List of orphan hero : Bruce Wayne ( Batman ), Clark Kent ( Superman ), Peter Parker ( Spiderman ), Matt Murdock ( Daredevil ), Scott Summer & Jonathan Summer ( Cyclops & Havoc - X - Men ), Hellboy, Kurt Wagner ( Nghtcrawler ), Tony Stark ( Iron Man ), Kotaro Minami ( Kamen Rider Black ), Kenshin Himura, Naruto, Edward & Alphonse Elric ( Fullmetal Alchemist ), dan enggak ketinggalan, salah satu superhero lokal... Wiro Sableng... hiks... (T T)

12. Endless enemy
Selalu punya musuh yang eksklusif & awet nempel kayak prangko. Masih inget perseteruan Clark Kent vs Lex Luthor, Batman vs Joker, ato Charles Xavier ( Professor X ) vs Max Lensherr ato Erik Magnus ( Magneto )? Tapi kadang - kadang ada musuh yang dilawan bareng - bareng kalo ada seri khusus, Kingpin misalnya.

13. Unrevealed mask
Topeng jadi salah satu sarana biar identitas asli tetap jadi rahasia. Enggak perlu terlalu modal & ribet, P-Man cukup butuh panci bolong buat jadi topeng, Panji Tengkorak ngerampok tengkorak di kuburan orang trus dipasang di muka. Tapi ada pengecualian buat beberapa superhero, Superman, Wonder Woman, Punisher, Hancock, anggota X-Men, Hellboy sama Hulk ( karena udah cukup jelek ), Buzz Lightyear... bukan ding...

berikut ini penulis mendapatkan percakapan eksklusif dari Lana Lang & seorang penduduk Metropolis City ( sebut saja Bunga ) ketika liat Superman lagi terbang :

Penduduk yang bego : It is a Bird!
Penduduk yang lebih bego : No! It is an airplane!
Penduduk yang sok pinter tapi sebenernya bego : No you two are f***ing idiot! It's Superman!
Lois Lane : Is it my lovely Clark Kent?
Bunga : Oh, no! It musn't be him! What on the earth'd be if your lovely Clark wear such a fancy red underpants.
Lois Lane : Ooohhh... I gladly relieved that's not my lovely Clark.

Lois Lane yang malang......

14. Rela dihina
cukup jelas.

14. Stage name
Punya nama aneh - aneh. Namanya Peter Parker malah jadi Spiderman, namanya Ororo Munroe malah jadi Storm, nama aslinya Kabul malah jadi Tessy. Ups salah...

15. 2 face, 2 sides, 2 lifes
Punya kehidupan ganda sebagai manusia biasa & punya kehidupan sebagai orang yang punya kekuatan super. Pretty complicated...

16. Abu - abu
Ini yang ngebedain superhero sama sinetron. Superhero enggak selamanya baek, ada kalanya bisa baek, ada kalanya bisa egois banget & temperamental. Manusiawi lah...

17. Having an own turf
Melindungi dunia bakal cape banget. Makanya banyak superhero lebih milih ngelindungin 1 kota aja. Satu kota aja belom tentu pada tau rasa terima kasih... Batman in Gotham City, Superman terbang di Metropolis, Spiderman bergelayutan di Manhattan, Power Ranger di Lylycove, Sinchan bermain di Kasukabe... maaf yang terakhir itu enggak termasuk.

18. Kata-kata andalan
Kayak artis yang dapet award, superhero juga punya kata - kata andalan. "Spider sense tingling" ala Spiderman, ato "Semua bisaaa masuk tiviii...!" Ups salah, itu Fitri Tropica. Aaarrrggghhh...!!!

19. Kelemahan khusus
Superman loyo kalo kena kryptonite, Wiro sableng lemes kalo belom sarapan, dan masih banyak lagi... (X X)

20. Mutan
Hampir semua super power adalah hasil dari mutasi gen, entah kena radiasi, entah salah percobaan, entah mati trus bangkit lagi, ato malah udah beda dari lahir juga ada.

21. Orang super kaya
Buat yang biasa - biasa aja bodinya asal punya cukup duit, kamu bisa jadi superhero. Iron Man sama Batman contohnya. Bodi gak cukup hebat asal ada fulus semua urusan bisa lancar... ($ $)

22. Ditolak sama orang deket
Warren Worthington ditolak bokapnya yang presiden saat di punggungnya keluar sepasang sayap, Rogue yang harus diputusin pacarnya & dibuang keluarga gara - gara ciuman pertamanya sukses mengantarkan pacarnya ke rumah sakit, Ben Grimm yang ditolak keluarganya gara - gara badannya lebih mirip batu pondasi, Bruce Banner yang jadi sasaran militer gara - gara berubah jadi makhluk ijo jelek, Remy LeBeau ( Gambit ) yang ditolak di Vegas gara - gara ngeledakin semua kartu yang dipegang. ( yang terakhir itu ( Gambit ) saya ngarang - ngarang sendiri, hahaha... )

23. Cool gadget
Superhero biasanya punya peralatan yang enggak biasa & super canggih buat menunjang kariernya sebagai pembela kebenaran. Mulai dari sabuk multifungsi punya Batman, cincin ijo lumut punya Green Rogue, kacamata ruby quartz yang nempel di mata Cyclops, sampe gelang ajaib punya Panji Manusia Millenium.

24. I-ain't-need-Xzibit
Pahlawan super kendaraannya harus boleh kalah keren. Batmobile, Tumbler, Batwing yang jadi tunggangan resmi Batman, motor - motor keren punyanya Wolverine, Kamen Rider, Blade, sama Ghost Rider. Blackbird yang ngebawa anggota X - Men ngeluyur ke mana - mana.

25. Deadly partner
Superhero enggak kerja sendirian. Justice League, Team Green Rogue, Iron Man & Warmachine, The Avengers, Power Ranger, Batman & Robin, tim ninja dari Konohagakure, Shinigami dari Soul Society, dan enggak ketinggalan... duet Sinchan & Shiro, hahaha...

26. Ada orang yang mau ditolong
Cukup jelas.

Dengan syarat sebanyak itu, masih ada yang mau jadi superhero?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya