Minggu, Mei 24, 2009

Father Keder

25 Februari 2009 - 15:00 WIB - Baru aja kelar UM Universitas Parahyangan, perut laper, cape, mules gara - gara sarapan pake mi ayam kebanyakan saos plus empat biji pempek yang cukanya aseeem bangeeet, ditambah status keder enggak tau Bandung.

Seorang bapak-bapak yang nenteng tas item mungil nan imut berjalan beriringan dengan seorang lelaki tambun berjaket ijo lumut yang nenteng travel bag warna coklat dan di pungungnya tergantung sebuah backpack item buluk yang isinya buku pelajaran, kartu peserta UM, tatakan soal, kaos ganti plus yang enggak ketinggalan, celana dalem (bersih). Dua insan manusia yang berjalan berdua-duaan itu tadinya mau makan di kedai nasi goreng di depan Unpar, eh malah tutup.

Setelah muter-muter keder dengan Bapak saya, akhirnya kami dengan bangga kami umumkan harga BBM turun. Ups salah, maksudnya dapet juga tempat makan yang masih buka.

Waktu masih keder di trotoar, "Pa, makan di mana?"
"Di sini aja lah. Yang lain pada tutup semua."

setelah masuk ke tempat barusan...

"Mau makan apaan?", tanya si bapak. (^ ^)
"Yang normal." (^ ^)
"Yang normal? Hmmm..." (? ?)
"Trus mau makan apaan, Pa?" (^ ^)
"Hmmm... Ayam goreng aja." "Minumnya?" "Es teh aja. Pesenin gih!"
Abis masuk ke tempat makan barusan, terus bapak saya duduk duluan di kursi plastik. Saya enggak berani asal duduk di kursi plastik. Pernah pengalaman di suatu hari di masa - masa SMA yang indah dan penuh warna, saya matahin kursi plastik di kantin sekolah. Yuph, matahin kursi plastik. Makanya saya suka parno sendiri kalo ditawarin suruh duduk di kursi plastik. Takut kalo - kalo kursinya patah lagi, kan lumayan. Lumayan parah, maksudnya.

Abis mesen, enggak lama kemudian datanglah seorang mas - mas nenteng baki berisi dua onggok potongan-tubuh-ayam-yang-dibumbuin-terus-digoreng alias ayam goreng ( susah amat! ). Well, keliatannya ayam goreng ini kayak ayam goreng biasa aja, tapi waktu saya gigit dan rasain... Anjrit! Ayam goreng kok enggak ada rasanya... hambar... hiks... hiks... (T T)

Tapi gak papa deh, daripada enggak makan...

- Sekitar pukul 16:00 WIB - Setelah kenyang dan kembung ( setelah makan ayam goreng yang gak ada rasanya plus minum 3 gelas es teh ), Dua orang pengelana keder ini cabut dari tempat makan tadi. Tadinya mau nunggu mobil travel di dalem kampus, tapi urung dilaksanakan soalnya UM buat jurusan IPA masih belom kelar, plus malu sama satpam ( ntar dikirain mau numpang piknik, hehehe ). Akhirnya dua orang ini duduk - duduk di halte angkot depan Unpar.

"Mobilnya mau jemput jam berapa, Pa?", tanya saya.
"Jam 7an."

hening...

"ASTAGA! Mau begini ampe jam 7? Ini kan masih jam 4 sore! Masih 3 jam lagi loh." (X X)
"Katanya kamu enggak mau naik bus, ya adanya cuman travel jam 7."
"Muter - muter dulu kek, jalan - jalan, cuci mata, ke mana kek, ke Dago kek, kan deket. Muter - muter dulu lah." (X X)
Dengan raut muka yang innocent Bapak saya ngejawab, "Di sini aja. BAPAK ENGGAK TAU BANDUNG."

mampus...

"Yeee... tanya supir angkot kan bisa!" (X X)
"Kalo Jakarta, Bogor, itu Bapak apal jalannya. Kalo Bandung, Bapak itu buta arah."
Apes deh. Enggak jadi cuci mata. Harapan mencari pencerahan dengan ngeliatin cewe - cewe Bandung yang katanya cantik - cantik yang udah diniatin dari pas berangkat dari Purwokerto punahlah sudah. (T T)

Yang ada paling banter cuman ngeliatin tukang parkir sama supir angkot dengan anduk terlilit di lehernya sambil teriak - teriak, "Ciumbuleuit, Ciumbuleuit!" yang lebih kedengeran kayak "Cium Gullit, cium Gullit!" Bisa mampus kalo beneran ditawarin nyium pemain bola yang rambutnya afro gokil mirip sama rambut temen saya yang namanya Bento.

Mahasiswa sama peserta UM juga udah pada pulang semua soalnya besoknya udah Imlek. Kalo bisa cuci mata kan lumayan...

Satu pertanyaan saya. Kenapa sih Unpar itu harus ada di Bandung? Coba kalo dulu dibangun di Jakarta ato Bogor, pasti saya udah muter - muter keliling kota dan sepulang UM bisa mampir ke Ragunan ato Taman Safari, hehehe. Tapi apa daya, penyandang dana saya yang terbesar ( Bapak saya, tentunya ) sudah memutuskan begitu. Mau apa lagi saya? Mau muter - muter ke mana? Saya enggak ada duit...

Tapi kalo Unpar ada di Jakarta ato Bogor, saya enggak bisa ngeliat cewe - cewe Bandung dong? Entar ngeliatnya cewe Bogor ato cewe Jakarta, enggak jadi cewe Bandung. Pusing nih...

Then a long and exhausting chit - chat started...

"Di, itu CR-V yang keluaran baru ya?", Bapak saya memulai obrolan pengusir rasa bosen ( niatnya sih begitu ) dengan ngomentarin CR-V yang sekarang lebih keliatan kayak Station Wagon.
"Yoi." "Belakangnya kayak sedan ya, melengkung gitu. Kalo yang rada - rada lama kan lurus aja." "Iya juga sih, jadi aneh..." "Nah, itu Land Rover yang dimodif buat offroad... bla... bla... bla... "

Dua jam lewat buat ngobrolin Land Rover, Audi TT, Toyota Alphard, sama sepeda motor BMW yang suaranya sehalus harganya yang kebetulan lewat. Humvee, Koenigsegg, anime, Lewis Hamilton, Barack Obama, gim onlen, blog, facebook, film, kemungkinan lolos UM, rapor saya yang ancur, sampe tetangga saya yang suka mintain bumbu dapur juga enggak kelewatan diobrolin.

Dan yang paling saya sebelin, tukang - tukang parkir look at me and my dad curiously. Keliatannya penasaran banget, serius bener ngeliatinnya.

- Sekitar pukul 19:00 - Tik... tik... tik... "Aduh gerimis!", protes saya. Spontan saya sama bapak ngangkat kaki. Komplit dah... Nunggu mobil jemputan bareng bapak yang suka becanda aneh - aneh, UJAN lagi!. Komplit.

Sambil makan kacang telor yang dibeli di minimarket deket Unpar , tiba - tiba...

Bapak : "Di, kok udah enggak ada orang ya?"
Saya : Dzigghhh...!!! baru sadar...
Bapak : "Emang pada kemana sih? Oh ya! Besok kan udah Imlek. Pantes sepi..."
Jalanan? Sepi total! Angkot udah abis, yang dagang udah pada tutup semua, jalanan lengang dan basah diguyur ujan, tukang parkir yang dari tadi ngeliatin saya dengan raut muka yang aneh itu juga udah pada balik. Jalanan udah berasa sepi banget. Udah enggak ada yang jadi bahan omongan. Adem pula.(T T)

- 20:00 WIB- Enggak disangka, mobil travel telat sejam. Komplit dah pengalaman aneh saya bareng sama bapak saya di Bandung. Saya balik ke Purwokerto, bapak saya naik angkot buat ke terminal balik lagi ke Bogor.

Mungkin ini jadi salah satu momen paling aneh dalam hidup saya yang aneh pula. Tapi ini juga jadi momen paling berharga dalam hidup saya. Melewatkan jam - jam berharga dalam hidup buat bareng sama orang yang kita sayangi itu rasanya eggak bakal terus - terusan ada dalam hidup kita. Bapak saya dengan rela melewatkan 4 jam paling aneh dalam hidupnya buat nemenin anaknya yang baru aja started to take a new step of his life.

Duduk ngobrol ngalor - ngidul di halte itu rasanya bakal saya inget sepanjang hayat, soalnya enggak tiap hari saya bisa ketemu sama bapak saya. Cuma 4 hari dalam sebulan, bapak bisa bareng - bareng kumpul di rumah, makanya waktu - waktu bareng ini rasanya berharga banget. Seaneh apa pun bokap gue, se nyebelin apa pun bokap gue, untuk nemenin anaknya yang bego ini 4 jam duduk - duduk di halte sambil ujan - ujanan, itu udah hebat banget. I'll always show my respect to him.

4 komentar:

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya