Jumat, Juni 19, 2009

Sense of Music?

Di pagi yang cerah dan dingin, burung - burung berkicau bersenandung melantunkan lagu cinta, di mana bokong saya masih nemplok enggak mau turun dari tempat tidur, di mana mata saya masih ogah ngeliat dunia nyata. Di pagi yang cerah dan dingin itu, tiba - tiba...

SEKIAN LAMA AKU MENUNGGU UNTUK KEDATANGANMU!!! DATANGLAH KEDATANGANMU KUTUNGGU!!! DATANGLAH!!! DATANGLAH!!!

Aaarrrggghhh!!! Suara karaoke fales terdengar dari tetangga depan. Udah fales, kenceng banget. Lagu dangdut itu jadi kedengeran kayak lagunya Black Sabbath. Bayangin aja, Ozzy Osborne nyanyiin lagu dangdut. Bukannya bagus dan mendayu - dayu, yang ada malah jadi kedengeran kayak lagu ritual pembuka pintu gerbang neraka.

Tidur terpaksa saya sudahi. Abis bangun dari tempat tidur saya langsung aja sarapan. Lho?!

Masalah musik, setiap orang boleh punya selera musik yang berbeda - beda. Cara mereka memvisualisasikan musik mereka juga bisa aja unik dan beda - beda. Ada yang mellow dan mendayu - dayu, ada juga yang keras kayak tempe goreng yang udah jadi fosil.

Kayak misalnya, tetangga saya yang demen banget sama Peterpan. Waktu kelas 2 SMP sampe kelas 3 SMP, yang dia denger cuman lagunya Peeeteeerrrpaaannn doang. Enggak ada yang lain. Si Bento yang ngefans Berat sama AvA, yang kecewa berat gara - gara mengorbankan chance of a lifetime-nya buat nonton AvA manggung demi ikut ujian Semester. Ato juga temen sekelas saya yang namanya Deka yang demen banget sama artis - artis Korea dan ngebet banget pengen jadi artis Korea. Dengerin musiknya pasti boyband sama girlband yang nyanyiin K - pop, nontonnya K - drama, kalo makan enaknya ditemenin K - ripik tempe. K - urang apa lagi coba?

Then, criticize someone's music taste. Yuph, mengkritik selera musik orang lain itu penting dan punya trik - trik tersendiri biar orang lain enggak tersinggung. Bisa jadi orang yang kita amati itu punya kesamaan selera musik sama kita dan bisa bertemen baik sama kita. Ngelontarin kritik punya trik tersendiri. Karena, bisa jadi kritik yang kita lontarkan malah jadi bumerang yang nyangsang di lobang hidung kita sendiri. Kayak saya yang pernah ngejek lagu-orang-jomblo-cari-pacar-yang-sekarang-sering-nongol-di-tivi itu, dulu saya sering ngejek tuh lagu kalo diputer di radio. Sekarang? Saya harus sering - sering pindah channel tivi kalo lagu itu diputer, OGAH banget ngedengerinnya.

First trick, liat orang dari penampilan luarnya dulu. Kalo orang itu punya ponyride haircut, bisa aja dia punya dua kemungkinan kepribadian denger musik. Blink 182 ato... Kangen Band. Kalo liat orang pake baju yang "terbuka" dengan makeup menor dan punya banyak bulu di kaki, tangan, sama dadanya, apalagi kalo dia pegang kecrekan ato jukebox yang terbuat dari kayu dan potongan ban dalem terus nyanyi - nyanyi, "Aku tak mau kalo aku dimadu, serrr, serrr..." Bisa dipastikan dia 99,327% banci. Yuph, banci.

Second trick, dengerin lagu yang lagi dia dengerin. Luangkan waktu kamu untuk dengerin lagunya. Kalo dari pertama aja lagunya menurut kamu udah "enggak banget", lebih baik menyingkirlah kalo bisa daripada kamu nanti menangis karena kuping kamu berdarah - darah.

Beberapa orang punya twisted sense of music yang enggak mudah dipahami. Saya contohnya. Di playlist saya, di awal lagunya kotor - kotor kayak Eminem, Tupac, ato 50 Cent, tapi di playlist akhir pasti ada lagu - lagunya Beatles, John Mayer, Naif, ato Mocca. Jadi, kesan pertama tidak selalu yang paling menarik kan?

Third-and-the-most-important. Jangan pernah langsung bilang jelek kalo enggak suka sama satu lagu yang lagi didengerin sama orang lain. Kalo suka tapi enggak tau judulnya jangan berlagak sok tau dan jangan segan - segan tanya siapa yang nyanyi ato apa judulnya. Tanyalah dulu, lagunya siapa, judulnya apa, dan bilang "lumayan" dan cepatlah menyingkir, daripada kamu nanti masuk ICU gara - gara sakit jiwa. Selain enggak bikin orang tersinggung, cara ini juga membantu kita untuk menghindar dari lagu - lagu yang enggak kita sukai.

Fourth, jangan sok tau dan ngarang - ngarang sendiri. Angels and Airwaves pertama saya kira nama maskapai penerbangan, ato Rachmaninov yang pertama saya sangka A.R. Rahman, penyanyi-yang-nyanyi-bareng-sama-cewek-cewek-bohai itu. Enggak lucu kan kalo orang pake baju awal jaman Renaissance dan nyanyi - nyanyi, "Jai Ho! Jai Ho! Jai Ho!" Believe me, jangan sok tau.

At last, enggak usah berusaha suka sama musik yang kamu enggak sukai dan jangan sekali - kali mau disetir dalam hal dengerin sama main musik. soalnya musik itu berasal dari hati.

Majulah terus musik Indonesia, STOP JIPLAK - MENJIPLAK!!!

3 komentar:

  1. aq suka nuz...
    derita hidup... yg ku alami....
    duhai sakit sekali....
    hahahaha
    si-bocahketriwal
    ps: nuz,td Q g nntn bapakmu koh... pdha;l pnasaran begete...

    BalasHapus
  2. untuk mencari keberuntungan & menambahkan profit silahkan di klik di sinislothokiwd138

    BalasHapus

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya