Jumat, Mei 15, 2009

20 Weird Rules of Sinetron

Well, yeah saya lagi bosen nulis yang serius-serius dulu. Refreshing lah, udah bosen ngritik orang. Introspeksi diri siapa tau saya malah lebih parah dari orang yang saya kritik (T T). UAN sama UAS udah kelar, tinggal nunggu pengumuman aja (T T). Kali ini saya mau share isi dengkul saya tentang sinetron.

Sinetron. Jadul, alias jaman dulu merupakan singkatan dari sinema elektronik. Soalnya kata embah saya, yang namanya "sinema" itu ya nontonnya di "gedong pelem" alias bioskop (^ ^).

Berhubung nih satu acara masih sebelas-duabelas ama pelem dan disiarin sama tivi, makanya namanya jadi sinema elektronik.


Akronim ato singkatan tadi serasa udah enggak relevan lagi sama gaya sinetron murahan jaman sekarang. Menurut saya singkatannya harusnya SIaran NEbar TeROr Norak. Agak maksa sih (# #).


Well, selama hayat masih nyempil di badan saya yang namanya sinetron udah jadi konsumsi semua orang di Indonesia. Menurut mayoritas sinetron yang pernah nge-hit (mulai dari era sinetron yang punya judul "Tersanjung"), kayak-kayaknya sinetron ini punya beberapa aturan alias "rule" yang dipake sampe jaman sekarang, beberapa di antaranya adalah :

1. Innocent heroine (^ ^)
Tokoh utamanya rata-rata cewek yang masih muda, cantik, dan biasanya artis pendatang baru. Tokoh utama ini biasanya orang yang baeeeek banget, anak orang kaya banget/ orang miskin banget.

2. Nenek sihir (X X)
Biasanya mertua ato ibu tiri jadi tokoh antagonis yang gila harta ato gila kekuasaan. Yang jadi tokoh antagonis pasti pemain-pemain watak. Yang jadi penjahat pasti orang gendut/ brewokan/ badannya gede/ punya tato. Orang yang ganteng ato cantik jarang jadi tokoh antagonis.

3. Awet menderita (T T)
Biar kayak apa pun menderitanya, tokoh utama enggak pernah ngelawan kalo disiksa. Herannya lagi walau udah berdarah-darah, enggak pernah lapor Polisi. Mau-maunya....

4. PMI berjalan
Biar kayak apa pun berdarah-darah, tokoh yang diceritain bunuh diri ato kecelakaan enggak pernah mati kehabisan darah.

5. Limited edition Policeman
Polisi enggak pernah dateng kalo tokoh utamanya lagi disiksa, datengnya kalo pas nangkep penculik ato penjahat, ato menjarain salah satu tokoh. Itu aja cuma satu-dua orang aja. Enggak pernah diceritain kalo tabrakannya pernah diurus sama Polisi. UU tentang KDRT (Kekerasan dalam Rumah Tangga) juga enggak berlaku. Dan tetangga juga enggak pernah lapor Polisi ato bahkan sekedar nongol di sinetronnya.

6. Slow motion accident Dunia serasa jadi lambat dan putus-putus kalo lagi adegan ketabrak mobil. Herannya lagi enggak ada usaha untuk menghindar dari tabrakan mobil. Mobilnya pasti mobil biasa-biasa aja (enggak pernah pake Ferrari ato Lambo, apalagi Koenigsegg), jaraknya masih jauh, sempet-sempetnya tuh pake teriak-teriak dan cuma ngeliatin doang. Coba sekali-sekali ditabrak Humvee ato pake tank Panzer, masih hidup apa enggak tuh orang. Kalo masih hidup juga... Buseeettt!!!

7. Tatapan maut
Merengut plus melotot-melotot, itu artinya si tokoh lagi marah.

8. Senyuman sinis tanda kejahatan
Kalo sukses ngelakuin kejahatan, biasanya si tokoh jahat bakal senyum-senyum ato ketawa ala nenek sihir.

9. Fashionable
Mau kaya, mau miskin, mau compang-camping, baju yang dipake pasti baju-baju dengan brand-brand terkenal ato yang biasa ditemui di distro sama FO (factory outlet).

10. Musuh dalam selimut
Cukup jelas kan?

11. Stripping
Maksud saya bukan kata dalam Bahasa Inggris, maksud saya syutingnya tiap hari. Kalo di luar negeri, syuting dikelarin dulu ato paling enggak separonya lah, baru deh ditayangin. Kalo di Indonesia? Syuting tiap hari, makanya sinetron enggak ada versi bajakannya (emang ada yang mau?).

12. Instant face off
Biasanya kalo artisnya enggak bisa syuting lagi, entah sakit parah, meninggal, ato lagi kena kasus hukum, biasanya tokoh penting dibuat kecelakaan biar mukanya rusak. Setelah satu kali plastic surgery... Tadaaa!!! Muka dan semuanya jadi berubah total. (gara-gara ganti pemain)

13. Kidnap-is-one-of-the-best-way
Kalo penulis skenarionya udah buntu, biasanya salah satu tokoh yang baik-baik diculik dan dimintain tebusan yang nominalnya enggak manusiawi.

14. Chessboard-colored world Enggak ada tokoh yang abu-abu. Yang jahat diceritain jahaaat bangeeet, enggak pernah baik. Tokoh yagna baik diceritain baiiik bangeeet, enggak pernah jahat.

15. Age-is-not-so-important
Yang cocok jadi anak SMA malah jadi oom-oom, beda umur dua tahun malah jadi ibunya. Weleh-weleh... (0 0)

16. Fake tears
Airmata palsu berliter-liter yang enggak habis-habis. Kalo Pemerintah jeli ngeliat, ini sangat potensial buat nanganin kekeringan panjang di daerah Nusa Tenggara

17. Deket di mata jauh di otak
Tokoh yang ditugasin nyari tokoh yang kabur enggak bakal pernah ketemu sama tokoh yang kabur, walaupun jaraknya cuma dua meter.

18. Dunia selebar daun kelor
Lokasinya enggak jauh-jauh. Pengen ngirit kali.

19. Cinta Buta
Beberapa tokoh rela berkorban apa aja demi memperebutkan cinta seseorang tanpa ngeliat mungkin ada orang yang lebih baik di luar sono.

20. Yang paling nyebelin : LAMAAA... BANGEEETTT... ENGGAAAKKK... TAMAAATTT... TAMAAATTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya