Sabtu, November 29, 2008

Stop Rokok

Pengen Sih Berhenti, Tapi Susah........

Ngerokok rasanya udah jadi budaya yang melekat erat di dalam diri masyarakat Indonesia. It's stricter than religion. Yang namanya puntung rokok bertebaran di mana-mana udah bukan jadi barang yang aneh di Indonesia. Asbak pun udah jadi barang wajib yang mesti ada di setiap rumah.

Banyak macem, satu cara. Itulah rokok. Macemnya banyak, mulai dari tingwe (nglinting dhewe), siong, klobot, kretek, filter, rokok putih, sampe cerutu. Mulai dari yang harganya 200 perak sampe yang ratusan ribu. Mulai dari yang kelas kroco sampe kelas wahid.

Penikmatnya juga banyak, mulai dari anak kemaren sore yang masih bau kencur sampe kakek-kakek yang udah bau tanah. Mulai dari banci sama pemulung sampe pejabat negara. Mulai dari pelajar sampe para eksekutif berkantong tebal. Motivasi buat makenya juga macem-macem, ada yang biar dibilang gentle sampe pengakuan kalo pemakenya udah mencapai kedewasaan. Tapi ironisnya status gentle itu sekarang gue pertanyakan. Soalnya gue liat banci juga banyak yang ngisep rokok. Jadi gentle kalo ngerokok = banci?

Tapi, namanya juga rokok. Di mana-mana makenya yaa cuman dibakar. Kalo dikunyah namanya jadi lain, jadi tembako kunyah. Nggak mungkin juga rokok dicampur sama sayur asem, pasti udah pada muntah kalo beneran dimakan.

Dampak positifnya juga banyak. Nggak bisa dipungkiri kalo banyak penduduk Indonesia cari makan lewat rokok. Pedagang asongan, pemulung, pelinting di pabrik rokok, kuli petik tembako dan cengkeh, agen iklan rokok, distributor, dan yang pasti para bos besar pemilik perusahaan rokok.

Di balik manisnya tembako, tersimpan sisi lain yang cukup bikin bulu kuduk merinding. Ibarat orang, rokok itu psikopat. Manis dan memikat di luar tapi nggerogotin kita dari dalem. Rokok salah satu sumber polusi udara. Ngerokok itu kayak nanem bom waktu di dalem diri kita sendiri. Tubuh kita dijadiin storage yang nyaman dan aman buat racun rokok. Baik yang aktif maupun yang pasif, baik yang abusif maupun yang masif. Semua bisa kena tulahnya.

Usaha pemerintah juga udah nggak main-main. udah ada Perda yang ngurusin masalah ngerokok di tempat umum. Komnas perlindungan anak juga mau bikin UU buat melindungi anak-anak dari bahaya rokok. Malah ada wacana kalo rokok itu mau dibikin fatwa haramnya sama MUI. Tapi ironisnya, masih banyak para penggodok aturan yang masih tetep keukeuh ngebul. Beberapa bulan lalu gue ngeliat TV ada anggota DPR yang ngerokok di ruang sidang. Ironis banget.

Usaha buat nanggulangin masalah rokok udah macem-macem. Mulai dari masang foto penderita kanker di bungkus rokok sampe kotak peringatan bahaya di bungkusnya. Tapi tetep aja Indonesia masih ngebul.

Gue juga pernah nyicipin yang namanya rokok. Gue mulai ngerokok pas kelas 1 SMA. Gue ngerokok selama kurang lebih 2,5 tahun. Sehari bisa ngabisin satu bungkus, malah lebih, dan ngerokoknya masih ngumpet-ngumpet. Pertama rasanya sih enak, stres ilang dengan cepat, lu bisa rada fly juga. Tapi banyak juga ruginya kalo dipikir-pikir. Selama gue ngerokok, uang jajan gue abis gue bakar. Napas jadi pendek, keringet bau kecut, gigi jadi kuning, temperamental, dan mulut jadi kecut kalo nggak ngerokok.

Gue berhenti ngerokok begitu gue masuk kelas 3 SMA. Begitu masuk kelas 3, rokok gue stop 100%. Awalnya sih rasanya nggak enak. Kepala cepet pusing, badan pada pegel, mulut jadi kecut kalo nggak ngerokok. Tapi habis 1 bulan stop, gue udah mulai bisa berhenti ngerokok.

Motivasi gue simpel aja sih. Gue pengen niru hal yang baik dari orang-orang di sekitar gue. Pakde gue yang dulunya soulmatenya tembako sekarang bisa berhenti 100%. Bapak gue yang dulunya kecanduan tembako sekarang bisa bersih dari tuh barang. Gue pikir aja, "Kenapa gue nggak, Bapak gue aja bisa?" Dari situlah pencerahan gue dumulai.

Selain itu, udah banyak sodara gue yang jadi korban dari rokok. Mulai dari yang giginya pada abis, badannya jadi kerempeng, mata kuyu, sampe yang kemaren-kemaren baru kena stroke gara-gara ngisep rokoknya kelewat bates sampe tensi darahnya ngelebihi ambang batas aman. Udah banyak juga orang yang mati konyol gara-gara rokok.

Banyak juga yang bilang, mendingan jadi perokok aktif daripada jadi perokok pasif. Soalnya perokok pasif lebih rentan terhadap asep rokok. Cuman satu pesen gue buat mereka. "Brengsek lu! Enaknya sendirian, kenapa tulahnya lu bagi-bagiin? Nggak malu lu jadi perpanjangan tangan setan?"

Cari kesibukan lain yang bisa bikin rileks. Minum teh juga bagus buat pengganti rokok. Sama-sama bikin rileks. Dan siapa bilang lu butuh bantuan expert buat berhenti ngerokok. Siapa bilang berhenti ngerokok musti pelan-pelan. Kalo bisa stop langsung, kenapa enggak. Rasa sakit yang kita rasain buat penyembuhan itu karma buat ngegantiin waktu kita buat ngisep rokok.

Berhenti itu gampang. Asal ada niat dan niat itu dilakoni bener-bener. Gue doain deh bisa berhenti total.

Stop smokin now cuz smokin ain't cool at all.

3 komentar:

  1. Wah,dak badak buluk(ups,sorry)
    Q br tw u pernh ngrokok jg,ckckck
    Untung dah brenti...salud dah...

    BalasHapus
  2. Hayo~pernah ngrokok ya
    (ya sih, biasanya cowok walopun cuma nyoba, pernah juga)
    Kalo menurut saya (sebagai cw) cowok yang ngrokok juga gak ada nilai plusnya..
    Syukur deh skarang gak ngrokok lagi..
    Lagian, rokok gak bagus kan buat kesehatan ^^

    BalasHapus

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya