Sabtu, November 22, 2008

Peace

Cinta Damai
Sulit, Tapi Nggak Berarti Nggak Mungkin Kan?

Perang sepertinya bukan hal yang asing di telinga kita. Yang namanya tawuran udah jadi makanan ringan Bangsa Indonesia. Main hakim sendiri jadi tradisi. KDRT udah jadi hal yang biasa dan sering banget ditayangin di sinetron-sinetron kacrut nggak bermutu.

Sebenernya kalo ditelusuri, penyebabnya cuman hal yang sepele dan kadang nggak masuk di akal. Maling ayam bisa aja diarak rame-rame terus dibakar, tapi koruptor udah makin tambun aja tuh di sono. Mana keramahan Bangsa Indonesia? Katanya ramah-tamah? Katanya berbudi luhur? Katanya Orang beriman? Mana buktinya?

Toleransi kita tebelnya udah tipis banget, sedikit aja nyenggol-nyenggol yang namanya SARA langsung ribut. Pusing.

Bisa nggak sih kita baik sama semua orang? Bisa aja, asal semua orang mau dan mampu mengalahkan dirinya sendiri. Kalo ngurusin diri sendiri aja nggak mampu, kenapa ikut campur urusan dapur orang?

Udah deh, nggak usah liat latar belakang seseorang. Emangnya kalo sama ama kita udah tentu bener? Emangnya kita semua udah bener dan suci tanpa dosa sampe-sampe tega ngelukain sodara kita sendiri?

Toh kita sama-sama manusia, sama-sama makhluk nggak sempurna. Sama-sama punya dosa bejibun. Coba deh maafin kesalahan orang lain. Kalo ada yang ngelanggar, kan ada aparat? Kan ada hukum? Inget dong, Indonesia ini negara hukum. Ada hukum positif yang berlaku di sini. Semua orang bisa aja kena kalo ngelanggar.

Pepatah yang bilang kalo sabar itu ada batasnya salah banget. Yang ada batasnya itu manusia, bukan sabarnya. Sabar mah nggak ada batesnya. Coba deh maapin slah orang sama kita. Kali aja salah kita bisa dimaapin ama orang lain.

Perbuatan baik bakal dibales baik juga. Sebaliknya juga kalo lo ngejahatin orang, lo bakal ancur. Mulai damai dari diri sendiri. Mulai maapin diri sendiri. Mulai maapin kesalahan orang lain. Lupain yang udah-udah.

Buat dunia ini lebih indah ditinggali semua orang. Damai buat semua.

Peace

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya