Sabtu, November 15, 2008

Malu Dong

Malu Dong!

Kemaren-kemaren gue lagi kecanduan banget nonton berita, ampe tengah malem pun gue lakuin. Biasanya sih nggak terlalu kecanduan. Selain berita Amrozi cs, pastinya gue juga liat berita-berita yang lain. Abis stres UTS nggak rampung-rampung.

Kagetnya, gue liat berita soal kunjungan Pangeran Charles. Beliau rela sepatu kulitnya yang keliatan mulus nyemplung di hutan Sumatera yang becek, nggak ada ojek. Anjrit, keren abis! Salut buat Prince Charles, di tengah kesibukannya yang pastinya bejibun, beliau masih ngeluangin waktunya buat ngurusin hal yang nggak pernah diurus sama inlander-inlander negara dunia ketiga ini. Dan herannya lagi, dalam program rehabilitasi hutan kita ini beliau punya andil besar. Ampe-ampe istananya mau dijadiin tempat buat nyelenggarain konferensi pers buat program yang satu ini.

Beda abis sama penguasa Indonesia, paling ogah kalo turun ke bawah. Paling cuman buat cari simpati. Kalo udah enak lupa ama yang di bawah. Mau rakyatnya kelaparan kek, mau mati kek, ngga ada yang noleh. Anjrit!

Rakyatnya juga nggak jauh-jauh. Sampah pada ngegunung nggak ada yang mau tau. Kalo makan di mobil masaih buang sampah lewat jendela. Abis lewat di tol struknya dibuang gitu aja. Pada nggak MALU ya!

Abis gue liat berita gue jadi miris sendiri. Pangeran Charles, orang yang udah gede yang rumahnya nan jauh di ujung dunia sudi en rela nyemplung langsung ke hutan kayak gitu. Sedangkan gue yang deket nggak bisa berbuat lebih dari ngebuang sampah di tempat sampah. Gue jadi sadar, semua dampak negatif emang dari manusia juga sih. Makin beradab manusianya, makin adem-ayem idupnya. Nggak kayak orang-orang yang ngakunya aja beradab, gelarnya banyak, tapi masih nggak bisa buang sampah di tempat yang bener. Emang anjing orang kayak gitu! Kalo kita belom berubah ke arah yang lebih baik,jangan ngeluh kalo nanti lo, anak bini, sama sodara lo mati kehausan ato kepanasan gara-gara tingkah lo yang nggak bener. So, brubah dari sekarang mulai dari hal yang sepele. Buang sampah di tempat sampah!

REDUCE, REUSE, RECYCLE. Hal yang sepele tapi bisa bikin perubahan besar buat Bumi yang kita tinggali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya