Selasa, September 16, 2008

Kendaraan Ber"BAHAYA"

Kendaraan Paling Berbahaya Versi Mr. Badakboeloek

1. Becak

Kenapa becak? Yuph, becak adalah salah satu kendaraan paling berbahaya di dunia. Bayangin aja, dari semua kendaraan inilah yang paling gue saranin untuk kagak dinaiki. Beberapa penyebabnya adalah :

-> Dari unsur safety, becak safety-nya kurang banget, malah hampir kagak ada. Bayangin aja, penumpangnya ada di depan dan nih kendaraan satu kagak ada bempernya. Well, bisa kita simpulkan, penumpang merangkap sebagai bemper kendaraan. Namanya aja becak, sing nggo bemper sing numpak (bahasa Indonesia : yang jadi bemper yang naik). Jadi bisa dipastikan kalo ada kecelakaan, pasti penumpangnya kagak slamet.
-> Becak merupakan kendaraan yang terkenal akan kelambatannya. Ini dikarenakan para pengayuh becak, terutama di Jawa sangat memegang teguh filosofi "Alon-alon waton kelakon" (pelan-pelan asal selamat). Coba aja bayangin becak diadu sama mobil F1, pasti becak bakal kalah tanding. Oleh sebab itu nggak ada seorang pun polisi yang ngejar orang kebut-kebutan pake becak, udah pasti kagak kena. Kalo tuh polisi tetp keukeuh pake becak, bisa dipastikan polisi itu dalam keadaan tidak sadar ato emang sarap dari sononya.
-> Para pengayuh becak memiliki kata-kata mutiara yang sedikit berbau "ancaman" dan cenderung kagak responsible sama customernya. Di Surabaya, pernah gue naik becak, trus gue bilang, "Pak ati-ati dong!" Dan yang paling mengejutkan, dari mulut bau si tukang becak keluar kata-kata nan indah, "Mbayar limang ewu kok njaluk slamet (bayar lima ribu aja minta selamet)!" Mampus.
-> Becak sering membahayakan pengendara lain. Tukang becak sering melakukan manuver berbahaya en nyentrik di jalanan. Jadi bisa dipastiin pemegang gelar "Street King" pasti tukang becak. Gue paling males kalo terlibat kecelakaan sama becak. Bisa dipastiin rusak kendaraan lo kagak bakal diganti, walaupun lo nggak salah. Dibenerin kagak, malah kena damprat. Brengsek!

Akan tetapi, dari sekian banyak kekurangan becak, becak juga memiliki beberapa kelebihan. Beberapa yang gue temuin yaitu :

-> Becak hemat energi, kagak pake bensin. Di Purwokerto, cukup dengan nasi bungkus dua ribu perak, becak dah bisa jalan. Apalagi kalo nasinya gratis, pasti jalannya lebih kenceng (dikit).
-> Becak ramah lingkungan. Dari pengamatan gue, becak itu salah satu kendaraannya Greenpeace. Soalnya becak totally free from pullution (kalo tukang becaknya nggak kencing en boker sembarangan). Nggak ada kan dari bokong tukang becak keluar asep? Kalo sampe kejadian dari bokong tukang becak keluar asep, Film-filmnya Suzanna pasti udah lama nyantumin nama tukang becak, soalnya asep yang ngebul di antara kuburan berasal dari bokong tukang becak. Selain kagak ribet, juga hemat (tinggal dikasih makan nasi udah ngebul). Kalo iya pas credit ada tulisan : Thanks to Mamang Becak, asepnya yahuud.
-> Make becak kagak bakal kena tilang. Soalnya tukang becak nggak pake SIM. Paling ditilang kalo becaknya melebihi kecepetan 200 mil per detik, itu juga kalo ada.
-> Becak tergolong kendaraan yang murah meriah. Coba aja naik becak dari Purwokerto sampe Banda Aceh, pasti lebih hemat daripada naik pesawat, itu juga kalo tukang becaknya nggak mati di jalan.
-> Becak bebas pajak kendaraan.
-> Becak nggak kena aturan three in one, two in one aja udah repot apalagi three pasti sempit.


2. Angkot

Angkot adalah kendaraan paling unpredictable di seantero jagad raya. Banyak yang cinta sama angkot, banyak juga yang hate sama kendaraan satu ini. Orang yang hate sama angkot punya alasan kayak berikut :

-> Kalo brenti seenak udel supirnya. Sering nggak pake lampu sein, brenti di tengah tengah jalan.
-> Angkot terkenal panas, kotor, dan semrawut. Di Purwokerto satu angkot bisa dinaikin 15-20 orang. Ini fakta loh!
-> Biang macet nomer satu. Kalo ngejar setoran nggak kenal kompromi, asal libas asal sikat aja. Ngebut nggak kenal aturan kayak di sirkuit Sentul. Barangkali KONI harus ngadain yang namanya balapan angkot, Ada kelas standar 1500cc standar dan 1000 cc special engine. Rally Dakkar juga harus masukin angkot sebagai salah satu cabang kendaraannya.
-> Jalannya semaunya sendiri. Di Bogor yang terkenal sebagai "Kota sejuta angkot" angkot sangat meraja di jalanan. Di jalanan yang lebarnya cuman 4 meter per lajurnya bisa ada 3 angkot (pernah paling parah ada 4) berjejer salip-salipan, itu aja kalo ngga macet.
-> Sering nggak kena tilang. Orang pake mobil nggak masang safety belt satu aja pasti kena tilang, eeh kok angkot yang ngangkut orang bejibun nggak pernah kena tilang. Di beberapa kota, udah jadi rahasia publik kalo ada oknum polisi sama DLLAJ yang ngemel (pungli) angkot.
-> Sering ribut soal trayek. Maunya yang paling banyak, tapi kalo lagi sarapnya kumat ngga kenal yang namanya trayek, asal jalan.
-> Kalo BBM naik udah dipastiin tarifnya bakal naik secara sepihak. Belom lagi kalo pake acara demo-demoan yang nggak guna 100%.
-> Ngebul 100%, mau mesinnya kayak apa juga yang namanya angkot pasti ngebul. Gue juga nggak tau kenapa.
-> Ini yang paling gue sebelin. Di dalem angkot pasti ada stiker tulisannya "JAUH DEKAT RP 2500" (di Purwokerto per September 2008). Yang naik 1 meter sama yang naik 4 kilometer tarifnya sama aja.

Dari segitu banyak kurangnya, angkot juga ada lebihnya dong. Nih lebihnya :

-> Angkot masih murah meriah. Bisa terjangkau semua golongan.
-> Duduknya dempet-dempetan. Paling asik kalo ada cewek cantik duduk di sebelah kita. paling nggak kita bisa ngedempetin tuh cewe, beruntung kalo kita bisa grepe-grepe tuh cewek tanpa ketauan sang empunya bodi nan aduhai. Ada temen gue, nggak perlu disebutin namanya hobi banget naik angkot. Alasannya selain murah, kalo ada cewek cantik bisa grepe-grepe kalo angkotnya lagi penuh. Tapi kalo di sebelahnya nenek-nenek ato Ibu-Ibu nan tambun makmur sejahtera, pasti kita kecewa 100%.
-> Bisa ngangkut yang nggak-nggak tanpa pengecekan en bea cukai. Pernah gue naik angkot yang ada penumpangnya ngebawa kambing dua biji di dalem angkot. Wuih, parfum BOSS aja kalah, kalah baunya maksudnya.


Walaupun 2 di atas jadi kendaraan yang paling berbahaya di bumi Indonesia tercinta, gue saranin lo ngeliat juga kendaraan lain. Truk yang sarat muatan yang nyogok pas di jembatan timbang, bus yang sering blong remnya, motor yang jadi sasaran empuk tilangan, bajaj yang sering slalom kagak jelas, taksi yang argonya kayak kuda binal, mobil yang keamanannya cuman pake airbag (nyawa kita cuman dipandang sebelah mata, masa cuman pake balon, ditusuk mbleduk!) dan jangan pula lupa pesawat yang doyan freefall, di Indonesia kita yang tercinta ini pun ada pesawat selam, inget nggak pesawat Adam Air yang nyemplung kagak muncul-muncul? Betah kali yee, bisa diving di samudra raya nikmatin alam bawah laut nan indah mempesona.

Dan yang paling penting kalo ada kendaraan, mending lo jangan jalan kaki deh! Jalan kaki paling nggak aman, kalo ketabrak pasti yang nabrak kabur, trotoar buat jalannya sering jadi tempat jualan kaki lima, belom lagi kalo nggak ketemu sama penjahat ato dimintain retribusi sama preman. Kasus pemerkosaaan kebanyakan korbannya adalah pejalan kaki. Enggak ada kan orang diperkosa pas lagi naik motor (pasti nabrak 100%).

Itulah hasil pengamatan gue selama ini. Kalo mau dipake terserah, enggak juga nggak papa. Semua balik ke lo sendiri buat mutusin mana yang lebih nyaman.

3 komentar:

  1. Ampun..
    Ada tukang becak yang bilang gitu?
    Masi untung ada yang bayar 5ribu

    BalasHapus
  2. hehehehehe...saia stuju dgn mbah badak, becak mang kendaraan paling gila yg pernah saia naiki spanjang hidup saia.tp saia mw sdikit menambahkan, bole kan mbah???

    sbenerny, becak itu bisa jadi "kendaraan surga" lo!!knapa bisa?

    begini critany....

    dulu, waktu saia SD klas 1, waktu it saia masih menggunakan jasa becak untuk skola.nama abang becaknya pak ritam (knal kan mbah???).nah, waktu itu saia naik becak berdua dgn tetangga saia.cewe.nah, waktu itu saia sering jail.waktu pulang skul n lewat jembatan kecil deket skula, saia bilang ke si cewe :
    saia (S):hei, liat tu kesana.
    cewe (C):apa??
    S : ada orang gila..lagi boker di sungai..
    C : hah??yang bener??mana??

    Nah, waktu si cewe nengok nyari si orang gila yg lg boker itulah, dengan sigap saia langsung nyium pipinya...

    CUUUUP!!!

    C : iiiihh!!kamu!!nakal ah!! (sambil senyum2, pipiny merah...heheheh)
    S : hehehehe...asik!!

    alhasil, karna kjailan itulah, sampe skarang ibunya g suka sama saia.biz, anak prawannya uda di nodai sama orang paling "gila bermuka ancur" yg pernah ada di dunia...hehehehe....

    jadi, becak, slain membahayakan, trnyata bisa dijadiin tempat untuk curi2 kesempatan kan???hehehehe...

    saran saia, sblum anda mlakukan kegilaan seperti saia, liat2 dulu calon korban.klo anakny gendut, muka kaya kodok, mending jangan....tapi klo cantik, pipi mulus, tancap!!!!!

    skian dari saia...

    BalasHapus
  3. Wakaka airbag cuma balon katanya..

    BalasHapus

tinggalkan komen di sini

apapun yang kamu tinggalkan

bisa jadi sumber inspirasi baru buat saya